\

Cegah DBD, Pelihara Cupang Atau Tanam Lavender

PELIHARA ikan Cupang atau tanam pohon lavender di halaman ini. Dua cara ini bisa mencegah kembang-biak nyamuk aedes agepty, penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

 

Kiat ini disampaikan dr Harmayani, Kepala Puskesmas Panunggangan, saat memberi materi penyegaran kader kesehatan 5 kelurahan pada Sosialiasai Abate Kecamatan Pinang di Aula Kantor Kecamatan Pinang, Selasa (2/4). Acara ini dibuka Camat Pinang H Sachruddin.

 

Ikan cupang, kata Harmayani, ternyata adalah jenis ikan yang mau mengkonsumsi jentik nyamuk aedes aegypty dibandingkan jenis ikan lainnya. Sementara penanaman pohon lavender juga sangat ampuh mengurangi tempat-tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut yang salah satunya adalah di kebun rumah.

 

Tentu saja, kata dia, kegiatan utama dalam pencegahan kembang-biak nyamuk DBD adalah dengan melakukan membersihkan lingkungan untuk mengurangi tempat perkembang-biakan nyamuk ini.

 

Sontak paparan ini membuat seluruh kader kesehatan se-Kecamatan Pinang mendapatkan pengetahuan baru.

 

Paparan materi sendiri terbagi dalam tahap, yaitu tahap pertama tampil Kepala Puskesmas Kunciran pada tanggal 28 Maret lalu dan tahap kedua kali ini dengan pembicara Kepala Puskesmas Panunggangan.